Kabargembiraindonesia.com
Artikel Headline

Tetanggamu, Tetanggamu!

Ramadan, Covid, dan Great Habit (3)

Bukan. Bukan kehabisan ide. Terus terang tulisan untuk hari ini sudah kelar 100 persen sejak kemarin. Ditunda besok saja. Kisah ini terlalu bagus untuk tidak dijadikan inspirasi kebaikan. Inspirasi kegembiraan. Sarapan saya tiap hari, Di’s Way, pagi tadi menghidangkan tulisan lezat sekali. Memangnya, kapan bos Dahlan Iskan, pernah menyajikan menu tidak layak santap. He3.

Judulnya: Wanita Di’s Way. Wanita yang tinggal di Depok ini terkena disrupsi covid 19. Bisnis jilbabnya tersendat. Banting setir. Suatu sore naik motor ke Pasar Kramat Jati. Dia potret aneka ragam dagangan. Lalu, mengirimnya ke tetangganya. Dia tanya: siapa titip ini, siapa titip itu. Lalu men-share foto lengkap dengan harga-harganya. Di luar dugaannya, banjir pesanan. Uang kulakannya sampai kurang (komplitnya baca sendiri di Di’s way ya).

Terlalu sayang untuk tidak diambil hikmahnya, moral story-nya. Lesson learned-nya. Ada rahasianya hingga begitu deras pesanannya. Ternyata, karena dia ngetop di kampungnya. Ceritanya: tiga tahun lalu, dia datangi tetangganya satu per satu: jumputan beras untuk dibagikan ke panti asuhan. Banyak yang mendukung, sampai ada yang memberi tidak hanya sejumput, tapi 5 kilo. Sejak itu, namanya populer di mata tetangga.

Tabungan kebaikan tiga tahun lalu itu, dibalas Alloh sekarang. Di saat ekonomi sulit, dia masih bisa berkelit. Berbisnis win-win dengan tetangga. Tetangga senang dapat bahan dapur, dia senang dapat sedikit keuntungan. Saling menggembirakan. Simbiose mutualisme.

Itulah mengapa agama menekankan perlunya berbuat baik kepada tetangga. Falyukrim jarrohu, muliakan tetanggamu (HR Bukhari-Muslim). Tetangga mendapat urutan prioritas amal sholeh kita setelah menyembah Alloh, berbuat baik ke ortu, karib kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin (QS An Nisa 36).

Momentum Ramadan ini, mari kita gunakan untuk memantapkan great habit kita untuk memuliakan tetangga. Alloh pasti membalasnya: besok, tiga tahun lagi atau di akherat nanti. Aamiin.

25 April 2020, Ba’da Asyar
Ali Murtadlo*
Presented by: Kabar Gembira Indonesia (KGI)

Related posts

Ramadan, Covid, dan Great Habit

adminKGI1

Puasa (Lebih) Sesungguhnya

adminKGI1

Checklist Great Habit Supertraining Hari ke-23